Kamis, 18 September 2014

Membuat CCTV Sederhana Menggunakan VLC dan Android di OS Linux / Windows

Webcam,siapa yang tidak mengenal perangkat yang satu ini. Mungkin dari sobat sekalian sudah banyak yang memanfaatkan perangkat ini,baik itu untuk kebutuhan bernasis ria maupun untuk kegiatan lain,seperti video konfersi jarak jauh maupun sebagai kamera pengintai (CCTV).
Kali ini,penulis akan mencoba tutorial membuat kamera pengintai (CCTV) sederhana,meskipun dalam prakteknya sangat jauh dari CCTV yang sesunguhnya hehehe. Tapi tak apalah,yang penting bisa digunakan untuk memantau dari layar laptop/komputer kita.
Baiklah,alat-alat yang perlu di persiapkan adalah:
  1. Ponsel Android
    Kenapa penulis memakai Ponsel Android,ide awalnya sebenarnya penulis ingin membuat CCTV menggunakan webcam yang sesungguhnya dan terintegrasi dengan ubuntu yang dimiliki penulis,tapi dikarenakan penulis belum mempunyai webcamnya,sementara coba pakai Ponsel Android yang dimiliki oleh penulis (bukankah kita harus memanfaatkan teknologi yang ada hehehe).
  2. Aplikasi IP Webcam
    Aplikasi untuk menjadikan kamera di Ponsel Android sobat sekalian menjadi webcam pribadi,cara kerja aplikasi ini yaitu dengan menggunakan satu jaringan wifi antara Ponsel Android dengan laptop/PC. Aplikasi ini dapat di unduh secara gratis di Playstore Android sobat sekalian.
  3. Laptop/PC
    Siapkan laptop atau PC yang sudah terpasang wifi USB,pastikan wifi di laptop dapat berfungsi dengan lancar,baik sebagai pemancar maupun sebagai penerima.
  4. Software VLC player
    Mungkin kebanyakan sobat memanfaatkan VLC player sebagai pemutar video (termasuk penulis),baik untuk menonton film atau mendengarkan musik. Tapi tahukah sobat sekalian,VLC player ternyata dapat digunakan juga sebagai tools untuk menampilkan/monitoring CCTV kita.
  5. Jaringan Internet
    Dapat berupa wifi maupun tethering dan hotspot dari ponsel kita.
Langsung saja,langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Download IP Webcam dari playstore,di Ponsel Android sobat sekalian.
play store
  • Jika belum mempunyai VLC player,kita bisa langsung mendownloadnya,VLC player ini sudah tersedia di repository bawaan ubuntu. Sobat dapat menginstall software ini via ubuntu software center maupun langsung via terminal perintahnya adalah “sudo apt-get install VLC” (syaratnya tentu saja laptop/PC kita sudah terhubung dengan internet).
ubuntu sotware center
apt vlc
  • Baik,sekarang kita samakan jaringan internet antara ponsel kita dengan laptop/PC kita. Dapat menggunakan wifi,maupun menggunakan tethering ponsel android kita.
  • Di sini penulis coba menggunakan tethering/hotspot via Ponsel Android yang penulis miliki. Langkah-langkahnya ialah masuk ke setting > data usage (more) > tethering & mobile hotspot.
hotspot
  • Setelah itu kita connect kan wifi di laptop/PC kita dengan nama tethering/hotspot yang telah kita buat tadi.
  • Setelah sudah terhubung,sekarang coba langsung kita buka aplikasi IP Webcam kita di situ kita dapat mengatur berbagai hal untuk webcam kita,mulai dari resolusi video,effect webcam,power management dan lain-lain.
ip webcam
Screenshot_2014-09-15-07-32-52
  • Setelah semua mulai di atur,kita pilih pilihan paling bawah sendiri yakni start server.
start server
  • Dari situ,kita akan mendapatkan IP dari webcam ponsel android kita.
ip gitar
  • Lalu kita buka software VLC player kita,masuk ke media > open network stream > network. Lalu pada kolom please enter a network URL,kita masukan IP webcam dari ponsel kita tadi.
    Contoh : http: //192.168.43.1:8080/videofeed, lalu kita tekan play.
Screenshot from 2014-09-15 09:53:50
  • Dan hasilnya bisa dilihat seperti gambar,tampak penulis sedang menggunakan CCTV sederhana ini untuk memantau motor penulis yang terparkir diluar.
cctv motor
Screenshot from 2014-09-14 23:49:59
bersama
Ingat,gunakan aplikasi ini untuk hal-hal yang positif saja ya,jangan gunakan untuk hal-hal yang negatif.
semoga ilmu ini bermanfaat.

1 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com