Rabu, 10 September 2014

10 Modul Drupal Terpenting

  1. Token : sangat2 penting. Banyak sekali module yang tergantung pada token, misalnya anda ingin otomatis membuat folder dengan format: sites/all/default/files/[uid], dimana [uid] otomatis diganti dengan User ID yang login saat itu!
  2. Path Auto : membuat path secara otomatis, daripada node/123 tentu lebih oke pake content/cara-membuat-nasi-goreng . Bersama dengan token anda bisa membuathttp://domain.tld/content/2009/01/15/memasak/cara-membuat-nasu-goreng !!!
  3. CCK berserta kroni2 nya, termasuk ImageAPI, ImageCache, ImageField: saya tidak bisa hidup tanpa CCK (drupaller)!
  4. Views : bersama CCK seperti sendok dan garpu
  5. Rules : wow ... ini jantungnya Drupal! Membuat fungsi C pada Drupal berfungsi pada konteks VMC (View Model Controller)
  6. FCKeditor (WYSIWYG Editor) + IMCE : kecuali anda suka mengajarkan user anda menulis tag html :) OpenWYSIWYG Editor : module ini diciptakan untuk menghilangkan kesulitan instalasi pada FCKeditor. Module ini tidak memerlukan IMCE karena sudah memiliki fitur file/image browser sendiri. 
  7. Counter (Site Counter): sebaiknya anda tahu siapa (ip) dan berapa banyak kunjungan ke website anda!
  8. Captcha (Perlindungan Spam): abaikan module ini. Jangan install module ini jika anda tidak ingin tidur nyenyak!
  9. Contemplate : membuat edit template semudah 123!
  10. Simplemenu . Saya tidak menganjurkan modul Super Nav karena link aslinya tidak ditampilkan. Jika memang ingin pakai Super Nav, maka sebaiknya pakai module Navigate saja (dari developer yang sama) .DHTML Menu : module ini lebih praktis karena mendukung menu default Drupal (baik primary maupun navigation) serta mampu diaplikasikan pada menu buatan anda sendiri 
Module yang hebat:
  1. Ubercart : saya tidak tahu apakah UC meruapakan shopping cart terbaik di Drupal, tetapi saya terbiasa memakainya, anda?
  2. Emfield (Embedden Multimedia): mau membuat Drupal seperti YouTube? Ini dia kuncinya!
  3. Taxonomy Manager : saya bisa entry puluhan term hanya dalam 1 halaman!
  4. Quick Tabs : model tabbed yang sgt memudahkan
  5. Thickbox : ini karena UC pakai thickbox dan mempermanis tampilan web anda! Alternatif lain adalah menggunakan Lightbox2 
Sumber : http://openstorage.gunadarma.ac.id/cms/drupal/10-Modul-Terpenting_Komunitas-Drupal-Indonesia/

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com