Sabtu, 05 Juli 2014

Pengertian Responsive Web Design

Apa itu Responsive web design?

Terdapat beberapa pengertian mengenai apa itu responsive web design,salah satunya dari situs terkemuka wikipedia.Nenurut wikipedia,Responsive web design adalah salah satu metode pendekatan dalam proses design web site yang bertujuan untuk menghadirkan kemudahan dalam membaca dan melakukan navigasi dengan meminimalisasi proses resize,panning dan scrolling baik saat website dilihat dari desktop(PC) ataupun perangkat mobile lainnya(tablet dan smartphone).Singkatnya sebuah website yang bersifat responsive(responsve web design) akan secara otomatis mengadaptasi terhadap resolusi(ukuran) layar dan orientasi(potrait/landscape).
Mengapa website responsive  adalah pilihan terbaik untuk strategi SEO?

1.Satu Website dapat digunakan Semua devices

Salah satu aspek menarik dari design web responsive adalah peingkatan kualitas website serta user-experience yang digunakan dari berbagai macam device dengan ukuran berbeda-beda.Ini adalah karakteristik yang penting untuk diketahui ,apalagi kita tidak mungkin membatasi pengguna kita dengan device yang mereka gunakan.
Pengguna yang penasaran atau menggunakan multiple-device baik PC,ataupun mobile,setelah mereka mendapatkan ketertarikan positif terhadap desain responsive yang kita sajikan,tidak menutup kemungkinan mereka akan membuka dari komputer setelah mereka menggunakan dari device mobile.
Keuntungan yang dapat kita ambil adalah Active Vicitor akan menjadi pembaca setia dari setiap informasi yang disajikan.

2.Lebih Mudah Dalam Pengelolaan

Jika anda masih menggunakan dua versi yang berbeda(desktop dan Mobile)pati akan kesulitan untuk mengelola konten apalagi SEO.Hal ini akan menguras tenaga dan waktu untukl dapat mengoptimalkan website yang tidak dirancang memiliki desain responsive.
Inilah keunggulan desain website responsive,kita akan menyimpan banyak waktu dan tenaga untuk melakukan hal-hal yang seharsnya tidak lakukan secara berulang-ulang.
Dari segi pengelolaan,Anda tidak perlu menyediakan fitur untuk device-detecting untuk mengalihkan user ke versi mobile seperti website yang meiliki dua versi yang berbeda.
Ada 3 hal utama yang menjadi kunci dalam responsive sesign.

Fluid & flexible grid
 
Lebar layoutnya dapat secara otomatis berubah dengan fleksibel menyesuaikan mengikuti lebar layar pada perangkatnya.

Flexible image size

Ukuran image pada halaman web juga dapat menyesuaikan mengikuti lebar layar pada perangkatnya.

Media queries

Adalah bagian dalam CSS3 yang digunakan untuk menerapkan layoutnya dan target lebar layarnya.

Sumber : Wikipedia

3 komentar:

  1. Makasi infonya gan sangat menambah wawasan mengenai web responsive.

    bagi agan yang berminat belajar membuat web responsive bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/web-design.html

    BalasHapus
  2. iya kang,, makasih sudah mampir di blog saya

    BalasHapus
  3. Keren emang web responsive. Tapi beberapa web design blm masuk responsive sudah ada AMP.

    BalasHapus

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com