Kamis, 21 Agustus 2014

Tentang Web Server Lokal



web server, aplikasi web serverUntuk membuat website atau aplikasi berbasis web, kita harus menaruh aplikasi tersebut di web server. Atau dengan kata lain kita harus menginstalnya di komputer yang diposisikan sebagai web server.
Oleh karena itu, komputer tersebut harus memiliki aplikasi web server sehingga bisa digunakan oleh aplikasi-aplikasi yang berbasis web.
Jika kita sudah memiliki hosting, mestinya di hosting tersebut sudah terinstal aplikasi web server. Yang paling populer adalah Apache, Nginx, Litespeed, dan lain sebagainya. Semuanya berbasis Linux.
Sedangkan untuk yang OS berbasis Windows, biasanya sudah di publish sendiri oleh Microsoft. Yang terbaru adalah Windows Server 2012.
Nah, kalau kita belum memiliki hosting bagaimana? Bisakah kita menginstalnya di komputer lokal?
Lalu, bagaimana mengkondisikan komputer biasa kita sebagai server? Bisakah?
Jangan khawatir, kita masih tetap bisa menginstal aplikasi berbasis web di komputer kita. Caranya adalah dengan menginstal aplikasi web server localhost yang sudah banyak sekali tersedia dan bisa Anda download di internet. Contohnya yang paling populer antara lain adalah XAMPP, IIS, WAMP, dan AMPPS.
Saya sendiri, meskipun sudah memiliki hosting, ada kalanya sebelum benar-benar mengupload aplikasi atau website ke hosting, saya buat dulu di komputer lokal. Karena load website jelas akan lebih cepat dan utak-atiknya lebih praktis.

Sumber : http://webhostmu.com/aplikasi-web-server/

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com