Sabtu, 09 Agustus 2014

Cara Mengembalikan Grub Linux Mint Yang Hilang Setelah Instal Windows

Saya akan menyebar sedikit sesuatu yang pernah saya alamai,, hahaha .. !!
Saya sekarang sedang menggunakan Linux Mint 17 Qiana, Kemudian saya dual booting dengan Windows 7 , Setelah Instal Windows 7 eh malah Grub Linux nya ilang jadi bootingnya langsung ke Windows 7 dech, -_- Lalu saya oprek2 semalam dan sesiangan dan akhirnya bisa juga . hahahaha ... !!!! dan kini saya akan membagikan tutorialnya kepada teman-teman semua yang mungkin sedang mengalami masalah seperti saya saya saat ini, berikut tutorial nya :
  1. Buatlah Live USB / Live CD Kemudian reboot PC-nya.
  2. Buka terminal dan tuliskan seperti dibawah ini :
    sudo su   //untuk masuk sebagai root
    fdisk -l   //(fdisk spasi min EL kecil) Untuk melihat detail hardisk
    Disini terdeteksi bahwa linuxnya terinstal di sda6
  3. Setelah itu tuliskan lagi diterminal seperti berikut :
    mkdir /media/root   // untuk membuat foldernya
    mount /dev/sda6 /media/root   // untuk mengaktifkan direktorinya.
    grub-install --root-directory=/media/root /dev/sda    //Untuk menginstall Grub linuxnya
  4. Jika langkah diatas sudah benar maka akan muncul tulisan, “finished and no error reported”, kemudian reboot PC nya dan cabut Live CD / Live USB nya.
     
  5. Setelah Restart maka akan masuk ke Linux dan Windows 7 nya akan hilang, Jangan khawatir itu tidak apa jika grubnya di update maka Windows 7 nya akan muncul kembali. Berikut cara selanjutnya :
    sudo su   //untuk masuk sebagai super user
    update-grub   //update grubnya  
     
  6. Dan kini pc anda telah kembali normal seperti semula sekian dan terima kasih. =D

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com